Cara Bikin Video Berkualitas Dengan Smartphone

Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone.

Saat ini banyak sekali orang yang mengambil atau membuat video dengan smartphone, bagi mereka terlalu ribet mengambil video menggunakan handycam atau camcorder, oleh karena itu mereka lebih memilih menggunakan smartphone yang lebih praktis. 

Cara Bikin Video Berkualitas Dengan Smartphone


Untuk menghasilkan gambar video yang berkualitas baik Anda harus mempelajari berbagai caranya. Berikut beberapa cara membuat video berkualitas dengan smartphone.


1. Kenali perangkatnya

Sebagai alat yang digunakan untuk merekam video, tentunya pengguna harus mengenali kemampuan smartphone. 

Ini penting karena tidak semua smartphone memiliki kemampuan yang sama dalam hal perekaman video. 

Hasil rekaman video 4K bisa berbeda kualitas antar ponsel meski sama-sama mengusung label "4K", begitu juga dengan audio.


2. Kenali platformnya

Media sosial menjadi pilihan utama untuk berbagi kreasi video dengan smartphone. Namun media sosial juga terbagi menjadi beberapa platform. 

Sebaiknya video disesuaikan dengan karakteristik platform media sosial yang dipilih.

Misalnya, di Instagram, durasi video dibatasi hingga satu menit, sehingga pembuat konten harus dapat mengompres konten yang menarik dalam waktu sesingkat itu.

Sedangkan Instagram Stories cocok untuk video vertikal (portrait) dengan durasi 15 detik.

Sedangkan YouTube cocok untuk video horizontal (lanskap) dengan berbagai panjang.

Di masing-masing platform ini terdapat perbedaan.

Jadi, kita harus tahu di mana harus meletakkan video sebelum kita membuatnya.


3. Buat rencana yang matang


Perencanaan yang cermat adalah kunci untuk membuat video yang menarik.

Yang pertama adalah menyiapkan cerita yang menarik minat penonton, atau mencari topik yang sedang hangat dibicarakan.


Kedua, fokus membuat video cerita agar alur tetap relevan dengan inti cerita.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi perekaman video.


Ketiga, carilah objek yang dapat mendukung cerita dalam video tersebut. Komposisi dan sudut pengambilan gambar yang menarik dapat mendukung ketertarikan penonton terhadap video tersebut.


4. Siapkan peralatan

Smartphone memang bisa digunakan untuk merekam secara spontan hanya dengan tangan. Namun, hasil video bisa lebih maksimal jika didukung juga peralatan tambahan.

Salah satu peralatan terpenting adalah tripod portabel yang dapat digunakan untuk menstabilkan rekaman video ponsel cerdas, sekaligus memungkinkannya disimpan di satu tempat untuk waktu yang lama.

Mengenai audio, perhatikan untuk tidak menutupi jari Anda pada mikrofon smartphone saat merekam. Mikrofon eksternal juga dapat digunakan jika Anda membutuhkan suara yang lebih jernih.

Pengguna juga bisa menambahkan alat lain untuk keperluan tertentu, seperti filter natural density (ND) atau gimbal untuk menstabilkan footage saat smartphone bergerak.


5. Gunakan imajinasi

Unsur imajinasi sangat penting dalam menghasilkan rekaman video yang menarik. Ada beberapa aspek dalam video yang bisa diperkaya melalui imajinasi pembuatnya, seperti pergerakan kamera yang dinamis dan transisi antar lokasi dalam video.

Foto (gambar diam) juga bisa dimasukkan ke dalam video untuk menambahkan elemen yang menarik.

Yang tak kalah penting adalah kreativitas dalam memilih musik pendukung yang sesuai dengan mood video.

Proses pemilihan musik biasanya memakan waktu paling lama karena kita harus mencari yang benar-benar cocok dengan video tersebut.


6. Perhatikan framing gambar

Framing dan komposisi gambar yang baik akan membuat penonton nyaman.

Saat berbicara di depan kamera (smartphone), misalnya, usahakan agar subjek tidak berada di pinggir bingkai agar tidak menyisakan area kosong (ruang negatif) yang mengganggu pandangan.

Perhatikan juga apakah latar depan dan latar belakang cocok dengan konten bingkai video.

Saat subjek sedang berbicara, misalnya, sebaiknya hindari terlalu banyak warna atau pola di latar belakang dan latar depan agar tidak mengganggu fokus audiens.

Rasio aspek video juga menjadi hal penting yang harus disesuaikan dengan platform media sosial tempat video tersebut nantinya akan dibagikan.

Misalnya, Instagram Stories memiliki rasio aspek 16:9, jadi sebaiknya ubah rasio aspek default kamera smartphone, yaitu 4:3, menjadi 16:9 agar gambar tidak terpotong.


7. Terapkan hasil edit yang menarik

Editing adalah proses akhir dimana kreator menyatukan semua materi video dan mengaturnya sedemikian rupa agar tersaji sesuai keinginan.

Proses pasca produksi ini merupakan bagian yang sangat penting yang dapat menentukan tampilan akhir video. 

Maka dari itu, disarankan agar para kreator memaksimalkan videonya melalui editing semaksimal mungkin.

Ibarat sayur tanpa garam, sebuah video, kata dia, masih kurang lengkap jika tidak melalui proses editing.

Kalau rekaman videonya bagus, tapi editingnya kurang bagus, maka hasilnya bisa berantakan.



8. Belajar dengan giat

Belajar dengan giat . Jangan takut untuk mencoba. Trial and error saja, nanti juga bisa. Agar kreator video menemukan gayanya sendiri. 

Dia mencontohkan para vlogger beken yang dikenal berkat gaya khas masing-masing.

Selain menggunakan software pengedit video yang tersedia di laptop. Anda juga bisa menggunakan aplikasi edit video yang mudah dilakukan di Android. 

Caranya mudah, hanya dengan mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store.

Aplikasi edit video di Android ini lebih memudahkan Anda untuk memotong, memotong atau menambah efek suara dalam video yang Anda ambil langsung dari handphone.


Beberapa aplikasi edit video di Smartphone

1.FilmoraGo

Aplikasi edit video Android untuk Instagram atau media sosial lain yang bisa Anda coba salah satunya adalah FilmoraGo. Aplikasi editor video di Android yang digemari banyak pengguna dan mudah digunakan.


FilmoraGo memiliki beberapa fitur seperti pemotongan video, penambahan tema, musik hingga penggabungan video-video pilihan.


Anda juga bisa menambahkan transisi, slow motion, teks dengan rasio video 1:1 hingga 16:9.


Setelah diedit, video pun akan langsung bisa diunggah ke media sosial apapun atau Anda simpan dalam galeri. Selain fitur-fitur gratis, jika Anda memiliki uang tambahan, Anda juga bisa membeli agar fitus edit video semakin canggih.


2. Klip Adobe Premiere


Anda bisa men-drag dan drop klip video serta menyusunnya sesuai dengan urutan yang diinginkan. Selain itu bisa juga memotong durasi, mengatur pencahayaan hingga transisi dan menambah efek.


Hebatnya, hasil edit video yang sudah Anda lakukan di Android bisa dikirimkan ke aplikasi Adobe Premiere versi dekstop yang lebih canggih.


3. VideoShow

VideoShow menjadi salah satu aplikasi edit video Android yang bisa Anda coba. Aplikasi ini dengan mudah Anda dapatkan secara gratis di Android yang tersedia di Play Strore secara gratis.

Percantik video dengan menambahkan efek, teks, musik hingga dubbing suara Anda langsung. Video yang Anda edit pun kualitasnya akan tetap bagus dengan durasi yang tidak terbatas. 

Di aplikasi ini Anda juga bisa langsung mengompres ukuran video.


4. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi edit video yang bisa dibilang berfitur lengkap dan mudah digunakan. 

Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 efek dan transisi efek yang berbeda serta dapat menambahkan beberapa video menjadi satu.

Jika Anda bingung atau baru pertama kali mengoperasikan aplikasi ini, jangan khawatir. Karena PowerDirector punya video tutorial untuk semua fiturnya lho.


5. KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi edit video di Android untuk YouTube atau pun Instagram. Fitur-fitur canggihnya memudahkan Anda untuk mengimpor file dari media yang berbeda. Selain itu Anda juga bisa dengan mudah memotong, memberikan efek hingga menambahkan tulisan dalam video.


6. Viva Video

Jadi salah satu yang sering digunakan pengguna Android. VivaVideo memiliki ratusan efek filter hingga klip. Anda juga bisa memotong video dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Tak ketinggalan ada efek slow motion yang membuat video Anda terlihat lebih profesional.


7. Movie Maker Filmmaker

Anda tidak perlu menggunakan laptop untuk mengedit video yang sudah dibuat. Cukup dengan smartphone Android, Anda bisa dengan lancar mengedit video. Aplikasi ini bisa mengolah hasil rekaman dari ponsel Anda dengan kualitas terbaik. Tak hanya memotong video, Anda juga bisa menambahkan musik dan memberikan efek filter yang membuat video Anda lebih menarik.


8. Inshot

Aplikasi Inshot agak berbeda dengan aplikasi edit video lain seperti aplikasi VivaVideo, VideoShow atau VideoPad, aplikasi Inshot tidak dapat menggabungkan beberapa video ataupun foto.

Aplikasi edit video di Android ini lebih fokus pada pengeditan video dari segi penambahan lagu, tema, background blur hingga penambahan teks. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, langsung saja download di PlayStore.


9. Quik

Aplikasi Quik bisa memudahkan Anda untuk memotong video, menambahkan efek, tulisan dan menyinkronisasi semuanya secara cepat dengan tambahan musik. Video yang sudah diedit bisa Anda simpan dengan ukuran 1080 p atau 720 . Anda juga bisa langsung mengunggah video ke media sosial. Gratis dan mudah digunakan.


10. Magisto


Bagi Anda yang amatir dalam hal mengedit video saat membuat video dengan smartphone, bisa coba aplikasi edit video yang bernama Magisto.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan di Android ataupun iOS.

Magisto memiliki keunggulan untuk merangkai foto atau video yang nantinya bisa digambungkan menjadi sebuah film alur.

Magisto dapat menjadi pilihan untuk aplikasi edit video di Android tanpa watermark jika Anda berlangganan.


--------------


15 Aplikasi Edit Video di HP & PC Cocok untuk Youtuber


Ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan para youtuber, sehingga bisa membuat konten berkualitas yang diminati oleh para subscriber maupun non-subscriber. Aplikasi edit video ini bisa diakses bahkan di HP atau PC, mulai dari Inshot, KineMaster, hingga Adobe Premiere.


Masing-masing aplikasi edit video ini memiliki fitur tersendiri, seperti menambahkan teks, audio, hingga background video. Agar lebih memahami dan memahami aplikasi edit video yang digunakan, mulai dari fitur hingga keunggulannya masing-masing, mari simak artikel yang Aku rangkum di bawah ini.


Versi aplikasi edit video mana yang menjadi pilihan Anda?


1.Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video pertama yang cocok digunakan oleh para youtuber adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi besutan Adobe ini merupakan salah satu software edit video yang paling populer digunakan oleh para youtuber.


Adobe Premiere Pro ditujukan untuk para profesional dengan fitur terbaik untuk mengedit video. Tak heran jika aplikasi ini layak masuk dalam daftar software editor video terbaik untuk YouTube. Beragam fitur editing ditawarkan oleh Adobe Premiere Pro, mulai dari video editing dari resolusi rendah, 8K hingga VR.


2. Adobe Premiere Elements

Selain Adobe Premiere Pro, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain dari Adobe yaitu Adobe Premiere Elements. Aplikasi ini lebih sederhana dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan Premiere Pro. Walaupun begitu editan video anda akan tetap cantik.


Tak perlu khawatir, fitur yang dimiliki Adobe Premiere Elements tak kalah canggih dari Adobe Premiere Pro, mulai dari slow motion, overlay, timelapse, bounce back, dan double exposure. Ditambah lagi dengan fitur fix action cam footage untuk memperbaiki getar pada video.


3. Filmora & FilmoraGo

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Filmora. Tidak hanya untuk PC, aplikasi edit video ini juga tersedia di ponsel. Filmora untuk edit video di PC, sedangkan FilmoraGo untuk edit video dari HP. 

Kelebihannya, aplikasi ini mudah untuk pemula dan bisa digunakan secara gratis. Meski terlihat cukup sederhana, fitur yang ditawarkannya terbilang lengkap.

Anda dapat mengedit video beresolusi 4K dengan lebih dari 100 pilihan template efek transisi. Filmora memiliki fitur Easy Mode yang dapat membuat alat pengeditan lebih mudah dipahami. 

Kelebihannya adalah aplikasi ini cukup ringan untuk diupload sehingga tidak mudah crash saat digunakan.


4. InShot

InShot adalah aplikasi edit video di HP yang bisa membantu kalian para youtuber membuat video semenarik mungkin. 

Editor video InShot gratis digunakan dengan banyak fitur profesional. Selain video, Anda juga bisa mengedit foto di aplikasi ini.

InShot memiliki fitur edit video yang lengkap, termasuk trimming dan cutting video, menggabungkan, mengatur kecepatan, mengompresi video dalam format HD, dan mengubah foto menjadi klip video.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu kehabisan ide untuk membuat video yang menarik karena memiliki banyak pilihan efek transisi, filter, emoji, dan musik latar.


5. PowerDirector

Aplikasi edit video selanjutnya adalah PowerDirector. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengedit video dengan kualitas 4K menggunakan berbagai fitur, seperti alat pengeditan video, efek video, kolase, serta menambahkan musik latar dan animasi.


Terlebih lagi software edit video ini dilengkapi dengan fitur chroma key yang dapat mengedit video di layar hijau. Selain itu, terdapat fitur video stabilizer untuk mengurangi video shake, voice changer, dan overlay.


6.KineMaster

KineMaster merupakan salah satu aplikasi edit video di HP yang cukup populer. 

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, namun Anda juga bisa menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih beragam.

Selain berbagai fitur edit video yang umumnya bisa Anda temukan, software ini juga menawarkan fitur chroma key yang biasa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit video menggunakan green screen. 

Sayangnya, jika menggunakan versi gratis, terdapat watermark pada video yang diedit menggunakan KineMaster.


7. Quik

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah Quik. Aplikasi ini dibuat oleh kamera aksi terkenal dari GoPro.

Awalnya aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk mengedit video dari kamera GoPro, namun aplikasi ini sudah bisa digunakan secara bebas dan tersedia di Google Playstore serta App Store.


Lebih lanjut, Quik memiliki fitur unik yaitu QuikStories yang secara otomatis mengubah rekaman video-video yang Anda miliki menjadi sebuah video yang menawan hanya dengan sekali klik saja. 

Sama seperti software edit video lainnya, Quik memiliki fitur video editor yang tak kalah menarik. Anda bisa menambahkan efek transisi video dengan pilihan tema yang beragam.


8. VivaVideo

Viva Video termasuk salah satu aplikasi edit video di HP yang bisa digunakan oleh para YouTuber untuk mengedit video yang dimiliki. 

Mirip dengan aplikasi edit video lainnya, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menggabungkan video, memotong, hingga mengatur kecepatan video.

Tidak hanya itu, Viva Video juga menyediakan beragam pilihan filter dan efek video. Anda bisa menambahkan teks, animasi, filter, dan efek slow motion di videomu. Cocok banget untuk Anda yang tidak mau repot untuk mengedit video yang simpel.


9. Adobe Premiere Rush

Selain Adobe Premiere Pro dan Elements, Adobe juga mengeluarkan aplikasi edit video lainnya yang bernama Adobe Premiere Rush. 

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam, mengedit, dan membagikan video secara online. 

Terlebih, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur drag & drop yang memudahkanmu untuk mengedit video, menambahkan audio, grafis, foto, hingga overlay.

Anda juga bisa melakukan kustomisasi judul animasi agar terlihat berbeda dengan yang lain. Aplikasi ini memiliki pilihan soundtrack, efek audio, hingga loop yang bisa digunakan secara gratis. 

Selain itu, Anda bisa langsung membagikan hasil video ke berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Youtube dan lainnya dengan aspek rasio yang otomatis disesuaikan.


10. VideoShow

Aplikasi lainya yang dapat digunakan untuk mengedit video adalah VideoShow. Aplikasi ini memberikan kemudian untuk Anda mengedit video dengan berbagai fitur editing tools di dalamnya. 

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menambahkan teks, efek, GIF, transisi, hingga live dubbing untuk videomu. Anda bisa mengekspor video dengan kualitas 4K tanpa merusak kualitasnya.


11. Splice

Splice adalah aplikasi untuk mengedit video dengan praktis dan bisa digunakan di HP Android maupun iOS. 

Selain karena tampilannya mudah untuk digunakan, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis alias tanpa iklan, sehingga tidak mengganggu Anda ketika sedang mengedit. 

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini, yakni memotong, menggabungkan video, menambahkan teks, soundtrack, dan overlay pada video.


12. Magisto

Magisto adalah aplikasi mengedit video yang bisa Anda gunakan di smartphone Android atau iOS. 

Software ini memudahkan Anda mengedit video secara otomatis, dari gambar dan video yang diambil dari HP Anda.

Terdapat banyak fitur yang bisa membuat video Anda lebih menawan. Beberapa di antaranya, yakni mengubah transisi video, memotong, juga menambahkan musik dan efek. 

Anda juga bisa membagikan hasil editan video Anda dengan mudah ke media sosial.


13. Vimeo Create

Bagi Anda yang paru terjun di dunia YouTube dan masih ingin belajar mengedit video, Anda bisa menggunakan aplikasi Vimeo Create. 

Aplikasi ini cocok digunakan untuk keperluan pengeditan video yang sederhana. Tampilan interface-nya cukup simpel dan mudah digunakan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai template sebagai dasar pengeditan video. 

Anda juga bisa memanfaatkan koleksi foto dan gambar free royalty yang mereka sediakan ke dalam videomu.


14. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah salah satu aplikasi edit video yang bisa digunakan gratis di perangkat Windows, MacOS, atau Linux. 

Meski gratis, kabarnya aplikasi video editor para Youtuber satu ini memiliki fitur lengkap yang mirip aplikasi berbayar seperti Adobe Premiere Pro lho!

Adapun beberapa fitur menarik yang disajikan oleh DaVinci Resolve, mulai dari motion graphic, color corrector, visual effect, hingga audio mixing. 

DaVinci bahkan mendukung perekaman video resolusi 8K. Software video editor ini sudah terbukti andal untuk mengedit video pendek hingga film.


15. iMovie

Aplikasi edit video yang terakhir adalah iMovie. Aplikasi mengedit video ini besutan dari Apple yang hanya dapat dioperasikan pada perangkat sistem operasi iOS saja. 

Oleh karena itu, aplikasi ini akan lebih mudah digunakan oleh pemilik perangkat-perangkat Apple.

Tersedia berbagai pilihan template tema, filter, background, hingga soundtrack dan efek audio yang bisa Anda gunakan.

iMovie juga mendukung pengeditan video dengan layar hijau dan efek layar terbagi. 

Bahkan Anda bisa membuat video trailer dari beragam template dengan tampilan animasi yang memukau.

-------------------------------------------

Nah, itu dia beberapa aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan di HP dan PC oleh para youtuber. 

Sebelum memilih aplikasi edit video yang akan digunakan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan video yang akan Anda edit. 

Meski demikian, hampir semua aplikasi yang ada di atas memiliki fitur yang mirip. 

Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan aplikasi yang cocok untuk mengedit video. 

Semoga bermanfaat!


-------------------------------------------------------

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id


Posting Komentar

0 Komentar