Kaitan Pagerank dengan Kontent

Kaitan Pagerank dengan Kontent

Tim & Steve, salah satu pakar SEO dari London melakukan test pada 200 domain selama satu tahun. Bahkan beberapa domain di antaranya berumur lebih dari 3 tahun.

Mereka mendapatkan hasil sbb:

1. Google doesn't care about the "freshness" of your content. Menurut mereka, berdasarkan hasil riset, situs mau di update tiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, atau tidak pernah sama sekali. Ternyata tidak mempengaruhi Google PageRank.

2. Google doesn't care about the "Quality" of your content. Mau content nya banyak, sedikit, bagus, atau jelek, ternyata tidak mempengaruhi Google PR juga. Mereka membuktikannya dengan halaman yang hanya berisi Optin Page, dan halaman Blog yang penuh dengan konten yang berkualitas.

Sekarang coba kita perhatikan halaman utama www.FaceBook.com. Hampir tidak ada konten sama sekali, tapi PR nya 9.

3. Google doesn't care if you change the content of the page. Kalau kita mengganti konten sebuah halaman, bisa saja menjadi turun PR nya, tapi biasanya akan kembali lagi ke PR normal setelah 2-3 bulan kemudian.

4. Google doesn't care about duplicate content. Paling tidak saat Google memberikan Page Rank untuk suatu halaman, dia tidak peduli apakah isinya unik atau tidak.

Coba kunjungi: www.AnneAhira.com, di sana ada banyak halaman yang belum saya buat artikelnya. Isinya semua hampir sama. Tapi sudah ada PageRank nya. Aneh juga memang.

5. Google doesn't care if you change registars or owners of a domain name. Seringkali awalnya ranking langsung drop jika pemiliknya berubah, tapi setelah beberapa bulan, dia akan kembali normal lagi.

6. Google doesn't care if you change your server or hosting. Sama kasusnya seperti #5.

Kalau begitu, apa yang paling Google pedulikan? menurut Tim & Steve dan berdasarkan hasil riset mereka, yang paling Google pedulikan saat ini HANYA LINKS. BACKLINKS.

Lebih banyak backlink suatu halaman situs, maka PR nya akan semakin naik. Semakin tinggi PR suatu halaman, maka kata kunci yang dibidik akan semakin rankingnya tinggi di hasil pencarian.

Sekarang... hasil riset mereka dibandingkan dengan pengalaman saya pribadi selama ini:

1. Konten unik seringkali "lebih cepat" di index oleh Google. Dan backlink yang diperlukan untuk membuat suatu halaman menjadi tinggi di Search Engine itu menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan duplikat konten.

2. ya, kita masih bisa menggunakan konten orang lain (duplikat konten), namun saat mencari Backlinks, kita harus lebih gencar alias memerlukan lebih banyak backlink ketimbang backlink untuk konten yang unik. Oleh sebab itu saya tetap menyarankan utk membuat situs dengan konten unik, kecuali ABers memiliki cara atau source yang mudah untuk mendapatkan backlink.

Sebagai perbandingan, misalnya konten unik hanya memerlukan 20 - 50 backlink untuk mencapai ranking yang baik di Search Engine, sementara duplikat konten perlu ratusan backlink. Kurang lebih spt itu sepengalaman saya. Jumlah backlink 20-50 atau ratusan itu tentunya bukan angka yang mutlak untuk mencapai sebuah ranking di Search Engine, karena 'competition' juga punya peranan penting alias berpengaruh. Di atas hanyalah contoh untuk bahan perbandingan.

3. Naik turunnya ranking, terutama untuk situs baru, itu sangat normal. JIka kita membuat situs baru, dengan domain baru, untuk 3 bulan pertama itu biasanya ranking kita tinggi, tapi setelah itu drop habis, bahkan sampai tidak ada traffic sama sekali. Jangan panik. Ini biasa.

Traffik ke situs biasanya akan menjadi normal, dan bahkan akan lebih meningkat setelah melewati masa transisi sandbox effect. Ada yang menjadi normal setelah 3 bulan, 6 bulan, ada juga yang lebih dari 1 tahun. Tapi intinya, jika terus kita melakukan, maka hasilnya bisa kita rasakan di waktu-waktu yang akan mendatang!

Hope this update helps!

Tulisan Asli by Asian Brain Owner

Posting Komentar

0 Komentar