4 Tipe Kepribadian Temperamen Manusia Menurut Hipocrates

4 Tipe Kepribadian Atau Temperamen Manusia Menurut Hipocrates


Apakah anda sudah tahu bahwa kepribadian seseorang dapat dibedakan berdasarkan temperamen nya? Teori ini datang dari orang Yunani yang bernama Hippocrates yang menggabungkan keempat temperamen ini sebagai bagian dari teorinya .

Agar lebih murah memahami sifat atau kepribadian atau temperamen berdasarkan terori hipocrates, saya sertakan juga gambar ilustrasi yang didapatkan dari FB YukBisnis...

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Hipocrates
4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Hipocrates



Mengenal sifat atau karakter seseorang akan amat berguna untuk suatu hubungan yang akan dibentuk. Bahkan, untuk mendapatkan pekerjaan, perusahaan biasanya melakukan tes psikologi dan wawancara untuk melihat kepribadian orang tersebut.

Dalam dunia psikologi, ada banyak teori yang membahas karakter seseorang. Salah satu teori paling terkenal saat ini adalah teori 16 kepribadian yang dikemukakan oleh Carl Jung.
Namun, sebelum teori kepribadian ini berkembang, jauh sebelum itu telah ada teori empat temperamen yang telah ditemukan dari zaman kuno.

Menurut beberapa ahli, Hippocrates yang menemukan empat tipe kerpibadian atau temperamen ini juga adalah seorang ahli Fisika  .

Ketika Mati Lampu
Ketika Mati Lampu ?



Apa itu temperamen?


Sebelum mengenali empat temperamen lebih lanjut, pertama-tama kita membahas hal-hal yang berkaitan dengan temperamen. Kesan pertama adalah kompilasi melihat seseorang berdasarkan apa yang mereka lakukan, orang berpikir bahwa temperamen berasal dari luar yang mencerminkan keadaan mental mereka.

Misalnya, kompilasi kami mengatakan bahwa seseorang adalah tipe pemimpin, kita sering melihat bahwa kita selalu pemimpin kelompok. Namun, kami tidak membuat pengamatan di luar sebagai tolok ukur untuk memecahkan teka-teki tentang seseorang.

4 Tipe Kepribadian ketika mengendarai mobil atau motor
4 Tipe Kepribadian ketika mengendarai mobil atau motor


Padahal, pengamatan ini bisa menjadi pertimbangan untuk lebih mempertimbangkan kepribadian dan warna karakter seseorang.

Temperamen adalah dasar dari warna karakter seseorang dan dimainkan sebagai perwujudan atau representasi dari masing-masing individu dalam pertempuran hidupnya. Seperti kompilasi kita bertemu orang lain, kita bisa merasakan suasana hati yang muncul.

Apa empat karakter itu?

Ada teori yang menyatakan bahwa semua manusia dibagi menjadi empat bagian, yang pertama adalah fisik. Lalu ada tubuh eterik, atau mungkin kita tahu itu sebagai jiwa.

4 Tipe Kepribadian ketika hadapi rintangan
4 Tipe Kepribadian ketika hadapi rintangan



Ketika dia lewat, jiwa bergabung dengan pribadi fisik, dan kompilasi kematiannya akan terpisah dari fisiknya. Ketiga, tubuh astral. Bagian ini adalah tempat di mana naluri, keinginan, keinginan, dan perubahan kita ada.

Keempat, yang tertinggi dari yang lain, adalah pembawa ego manusia, alias pembawa ego manusia, yang membuat kita memiliki rasa ingin tahu dan kekuatan atas kesadaran diri, perasaan, bahkan motivasi kita.

Salah satu dari empat bagian ini adalah yang paling dominan, dan itu akan mewakili karakter seseorang yang dikumpulkan oleh hellosehat.com.

1. Tipe Kepribadian Sanguinis


Darah sebagai cairan tubuh dan tubuh astral melambangkan tipe sanguinis. Tubuh astral tercermin dalam sistem saraf sehingga sistem itu dalam kendali. Sistem saraf mampu menyerap ide, visualisasi atau gambar dan sensasi.

Aktivitas sistem saraf ini tertahan oleh sirkulasi darah. Jika itu tidak dibawa oleh sirkulasi darah, maka citra mental akan menjadi pembohong, yang dilakukan dalam halusinasi dan ilusi.

4 Tipe Kepribadian ketika Pas Photo
4 Tipe Kepribadian ketika Pas Photo



Ini adalah batas untuk sanguinis.

Orang dengan karakter sanguinis ini biasanya selalu optimis, ceria, bersemangat dan memiliki semangat hidup yang tinggi. Selalu menarik perhatian atau membutuhkan orang untuk memperhatikan.

Mereka juga suka mengambil risiko, jadi jangan heran jika karakter sanguinis ini adalah orang yang suka berpetualang karena tipe ini juga suka mencari kesenangan.

Sangat senang dengan tantangan dan hal-hal baru, mereka menjadi mudah bosan.

4 Tipe Kepribadian ketika Berkumpul Bersama teman
4 Tipe Kepribadian ketika Berkumpul Bersama teman



Sanguinis adalah jenis yang tidak dapat mempertahankan minatnya cukup lama. Dia selalu menginginkan pengalaman baru, sehingga mudah dilihat, minatnya mudah hilang.

Inilah yang membuat mereka mudah berubah pikiran. Orang-orang tipe ini cocok ketika bekerja sebagai penghibur, karena pekerjaan ini akan membuat mereka menjadi sorotan para penonton, dan membutuhkan mereka untuk selalu menampilkan kesenangan tidak peduli apa yang terjadi.

Mereka dapat menyerap ide-ide, menciptakan karya-karya dengan kreativitas yang cocok untuk mereka, misalnya bekerja di bidang mode, kuliner, bepergian, dan pemasaran.

Di bidang pemasaran, orang dengan tipe sanguinis akan menghasilkan strategi baru untuk menjual produk dan meningkatkan perusahaan. Lebih dari itu, orang yang beriman.

2. Tipe Kepribadian Atau Temperamen Plegmatis

Lendir dan tubuh eterik adalah simbol cairan dari karakter ini. Tipe orang yang simpatik lebih fokus pada apa yang terjadi di dalam dirinya, jadi dia bertanya apa yang terjadi di luar menerimanya.

4 Tipe Kepribadian ketika memilih sesuatu
4 Tipe Kepribadian ketika memilih sesuatu


Tidak heran orang-orang seperti ini suka damai. Apa yang mereka cari dari hubungan adalah keharmonisan dan keakraban.

Mereka selalu berusaha menghindari konflik, itu membuat mereka pasangan yang penuh cinta dan setia. Terlibat dalam amal adalah kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.

Penuh cinta dan selalu membantu orang lain. Tetapi pada akhirnya itu tidak terkait dengan lingkungannya, karena fokus aktivitasnya adalah pada tubuh eteriknya. Terkait, dalam kehidupan sosial, ia cenderung pendiam.

Karena dia membiarkan hal-hal di luar tubuh eteriknya berjalan seperti yang diharapkan, ini membuatnya kurang berorientasi pada tujuan.

Namun, orang dengan tipe plegmatic kompatibel dengan pekerjaan yang sesuai dengan masalah sosial, seperti guru, perawat, dan layanan sosial lainnya, karena karakter cinta damai yang mereka miliki.


4 Tipe Kepribadian ketika ada rencana kerja
4 Tipe Kepribadian ketika ada rencana kerja



Ini juga karena mereka mencari koneksi 'intim' dari hubungan, seperti mereka terhubung dengan 'intim' dengan diri mereka sendiri.

3. Tipe Kepribadian Atau Temperamen Koleris

Empedu kuning dan ego menang pada tipe yang tersinggung. Karena ego memegang kendali, koleris sangat agresif dan harus selalu mendapatkan apa yang diinginkannya dengan menggunakannya.


Orang dengan tipe koloni sangat berorientasi pada target, analitis, dan logis. Jenis-jenis pemimpin.

Karakter Koleris ini juga tidak suka bersikap sopan, ia lebih suka menghabiskan waktu dengan hal-hal yang berguna. Jadi dia akan lebih suka percakapan yang jelas tentang tujuan dan esensinya.

Karena itu, mereka lebih suka berurusan dengan orang yang memiliki profesi dan hobi yang sama.

Biasanya pekerjaan yang cocok untuk tipe penyakit kera adalah manajemen, teknologi, statistik, teknik, dan pemrograman. Karena mereka dapat bertahan hidup jika harus bekerja, dan mereka sangat berorientasi pada target.

4. Tipe Kepribadian Atau Temperamen Melankolis

Empedu Hitam . Melancholy yang membuatnya bahagia. Tubuhnya berubah karena bagian-bagian lain, jadi dia kehilangan keinginannya untuk bergerak sendiri.

Misalnya, tubuh fisik hanya 'penggerak', sedangkan orang yang bergerak adalah bagian lain. Sementara tubuh fisik menjadi instrumen tertinggi, karena tanpa fisik, bagian atas yang lain tidak akan ada.

Tipe melankolis sering berkorban untuk orang lain, sensitif, penyayang, seperti berada di belakang layar, tetapi juga pemikir. Ia diibaratkan sebagai pengemudi, dan memberi peluang ke bagian tubuh lain, sehingga ia akan peka dan mengatur cara untuk menyelesaikan masalah.

Ia cukup kreatif karena dapat berpikir dari berbagai sudut pandang. Memikirkan bagian tubuh yang lain, memungkinkan dilihat dari berbagai sudut.

Karena dia ingin semua bagian dipenuhi, tipe ini membuatnya perfeksionis dan inferior. Sulit untuk menghilangkan rasa sakit yang terjadi di masa lalu.

Bahkan lebih larut dalam pikiran negatif. Merasa Anda tidak punya kendali, kadang-kadang Anda bisa selalu ragu-ragu.

Pekerjaan yang cocok untuk melankolis adalah di bidang administrasi, manajemen, akuntansi, dan pekerja sosial. Berpikir dari berbagai perspektif membuat orang yang melankolis mengubah akurasi dengan baik.

4 Tipe Kepribadian ketika ada rencana liburan
4 Tipe Kepribadian ketika ada rencana liburan





Seberapa akurat karakter ini?

Ada berbagai jenis tes psikologi untuk mengetahui karakter Anda dan mengukur pemikiran tentang karakter Anda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda tidak bisa begitu saja menghargai orang lain.

Tetapi parameter dari keempat temperamen ini dapat membuat Anda mengatasi kekurangan yang Anda miliki, sehingga Anda membuat pribadi percaya diri yang lebih baik.

Misalnya, pada anak-anak yang melankolis dan plegmatis, mereka harus dilatih untuk lebih percaya diri dan selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan. Lalu koleris  , mereka bisa dilatih untuk menghargai pendapat orang lain.

Begitu juga dengan sanguinis, ia bisa diberi latihan lebih dari itu sendiri.
Apa pun temperamen Anda, kuncinya selalu membuat perbaikan jika ada yang salah dengan karakter Anda.

Setelah Anda mengetahui diri Anda yang mana, Anda juga bisa menggunakan ini untuk menentukan tipe kepribadian apa tim Anda sehingga Anda bisa membangun tim yang bagus.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar