Idul Fitri 2023 Segera Hadir

Idul Fitri 2023 Segera Hadir! Intip Tradisi Liburan di Berbagai Negara, Dari Pakistan Hingga Turki


Berbagai persiapan Idul Fitri 2023 menjadi topik pembicaraan utama.


Terlebih lagi, di Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Idul Fitri merupakan perayaan yang besar dan sangat bermakna.


Dalam menyambut hari raya ini, berbagai tradisi bisa ditemui, termasuk di Indonesia.


Namun tidak hanya di Indonesia, negara lain juga memiliki tradisi menyambut Idul Fitri.


Tradisi Idul Fitri berbeda-beda di berbagai negara, dan berikut tradisi Idul Fitri di berbagai negara termasuk Indonesia.


1. Indonesia

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan Idul Fitri merupakan hari libur nasional di sana.

Tradisi Idul Fitri di Indonesia termasuk berkumpul, saling memaafkan, dan mengunjungi rumah kerabat dan teman.

Banyak juga masyarakat yang berbelanja dan menyiapkan makanan khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue tradisional.


2. Malaysia



Di Malaysia, Idul Fitri juga disebut Hari Raya Aidilfitri. Tradisi yang dilakukan di sana mirip dengan yang ada di Indonesia, seperti mengunjungi rumah kerabat dan teman, serta menyantap makanan khas seperti rendang dan ketupat.

Selain itu, banyak orang di Malaysia juga menghiasi rumahnya dengan lampu-lampu indah dan melempar kembang api.


3.Turki

Di Türkiye, Idul Fitri disebut Bayram. Tradisi yang dilakukan di sana antara lain berziarah ke masjid untuk shalat Idul Fitri, mengunjungi keluarga dan kerabat, serta memberikan hadiah kepada anak-anak.

Keistimewaan Idul Fitri di Turki adalah baklava, kue manis yang terbuat dari lapisan tipis kue yang diisi dengan kacang.


4. Arab Saudi


Di Arab Saudi, Idul Fitri disebut Idul Fitri. Tradisi yang dilakukan di sana antara lain salat Ied di Masjidil Haram di Mekkah, ziarah ke makam Nabi Muhammad di Madinah, dan ziarah ke keluarga dan sahabat.

Makanan khas Idul Fitri di Arab Saudi adalah kabsah, nasi berbumbu yang disajikan dengan daging kambing atau ayam.


5.Pakistan

Di Pakistan, Idul Fitri disebut Idul Fitri. Tradisi yang dilakukan di sana antara lain salat Idul Fitri, memberikan hadiah kepada anak-anak, dan mengunjungi keluarga dan teman.

Makanan khas Idul Fitri di Pakistan adalah sheer khurma, makanan penutup yang terbuat dari susu, kismis, dan kacang-kacangan.

Itulah beberapa contoh tradisi lebaran di berbagai negara. Terlepas dari perbedaan tradisi, masyarakat di seluruh dunia merayakan Idul Fitri dengan suka dan duka.

---------0----------

Kapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023?


Untuk waktu idul fitri tahun 2023, sepertinya akan terjadi perbedaan. Muhamadiyah menetapkan idul fitri jatuh pada hari Jum'at tanggal 21 April 2023.


Sedangkan pemerintah Indonesia yg diikuti oleh sebagian besar ormas islam semisal Nahdatul Ulama (NU) dll, masih menunggu sidang isbat yang akan dilakukan pada kamis malam tanggal 20 April 2023.

 Namun berdasarkan perkiraan beberapa tokoh, pemerintah kemungkinan besar akan menetapkan lebaran hari raya idul fitri tahun 2023, pada hari sabtu tanggal 23 april 2023...

Posting Komentar

0 Komentar