Cara Agar Tampilan Layar Proyektor Lebih Tajam Dan Berwarna

Ada beberapa alasan seseorang memilih menggunakan proyektor untuk menikmati hiburan daripada menggunakan televisi.

Pertama, pengguna bisa leluasa mengatur seberapa besar tampilan yang dibutuhkan. Berbeda dengan televisi berukuran besar, tampilannya terpaku pada ukuran layar.

Kedua, pengguna lebih bebas menentukan tempat menonton. Pasalnya, perangkat proyektor bisa dipasang di mana saja asalkan ada dinding kosong.




Proyektor bukanlah pengganti televisi, melainkan pilihan ketika keluarga ingin memiliki alat display gambar kedua.

Display proyektor bisa digunakan secara mobile, karena bisa dipindahkan dengan mudah dan digunakan sesuai kebutuhan.

Dengan proyektor, pengguna dapat memindahkan perangkat tersebut ke kamar anak untuk digunakan misalnya untuk bermain game atau menggunakannya di dapur saat ingin mengikuti video tutorial memasak, tanpa harus terpaku pada perangkat televisi.

Akan tetapi kelemahan proyektor dibanding televisi adalah harganya yang cenderung lebih mahal. Selain itu, tampilan gambar yang dihasilkan tidak setajam layar televisi.

Meski begitu, kita masih bisa mengakali agar tampilan layar protektor bisa lebih tajam dan berwarna. Berikut ini caranya :

Beberapa cara agar tampilan proyektor bisa lebih tajam dan cerah.

1. Pastikan fisik dinding rata dan tegak

2. Kehalusan permukaan

Permukaan yang digunakan untuk menampilkan proyeksi juga harus halus. Pasalnya, menurut Zanipar, permukaan dinding yang tidak rata membuat pantulan cahaya dari proyektor tidak beraturan.

“Kalau permukaannya tidak rata, tidak maksimal karena cahayanya dipantulkan kemana,” terangnya lagi.

3. Layar kustom

Tampilan proyektor juga akan lebih baik jika dipantulkan ke layar khusus. Menurut Zanipar, layar proyektor yang bagus bisa memantulkan cahaya 100 persen.

Beberapa jenis layar bahkan dapat mempercantik tampilan proyektor karena dapat memantulkan 120 persen cahaya.

"Kalau pakai layar, pakai home theater khusus, karena untungnya lebih besar."

4. Pemilihan warna

Selain itu, warna untuk memproyeksikan disarankan putih atau perak.

"Bukan abu-abu atau hitam, karena mengurangi penyerapan cahaya. Hitam (latar belakang) cenderung memantulkan warna dengan sangat baik, tetapi menyerap putih dan memantulkan hitam, sehingga membuat gambar terlihat lebih gelap."


Tips Memilih Ukuran Layar Proyektor

Sebelum membeli screen projector, sebaiknya tentukan dulu ukuran screen projector yang pas. 

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran layar.

Beberapa di antaranya adalah ukuran ruangan, tata letak penempatan proyektor, ruang yang tersedia, dan kemampuan atau kekuatan proyektor yang akan dipasang.

Ukuran ruangan

Semakin besar ruangan, semakin banyak orang yang bisa ditampung. Semakin besar ruangan, berarti orang yang berada di ujung jauh harus bisa melihat layar proyektor dengan jelas. 

Jadi, ukuran proyektor tidak boleh terlalu besar terlihat dari kursi depan, tapi cukup besar terlihat dari kursi belakang.

Memilih ukuran proyektor juga harus proporsional dengan ukuran ruangan. jika langit-langit ruangan tidak tinggi, tetapi bersikeras memasang proyektor layar besar, maka bagian bawah layar akan sulit dilihat dari penonton kursi belakang.

Tata letak penempatan proyektor

Selain pemilihan ukuran ruangan, tata letak penempatan proyektor juga mempengaruhi ukuran layar proyektor. Umumnya untuk penggunaan di dalam kelas menggunakan satu layar di tengah.

Untuk keperluan seminar di aula biasanya menggunakan dua layar di kanan dan kiri. Untuk ruangan yang lebih besar lagi, Anda juga bisa menggunakan 3 layar atau bahkan lebih.

Pilih-Proyektor-Ukuran-Layar

Jika proyektor layar diletakkan di atas panggung, harus dipastikan bahwa proyektor layar cocok dengannya.

Jika model panggung menyertakan proyektor layar eksternal, maka proyektor layar yang sedikit lebih kecil dari ukuran relung proyektor dipilih.

Namun jika proyektor diletakkan di belakang, maka pilihlah proyektor layar yang sedikit lebih besar, agar background terlihat penuh tanpa celah.

Daya proyektor

Kekuatan proyektor juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi layar proyektor yang sesuai. Ada berbagai masalah jika Anda menggunakan layar yang tidak sesuai dengan keluaran dari proyektor.

Misalnya, jika Anda memiliki layar besar, tetapi resolusi proyektor terlalu rendah, gambar mungkin berbintik atau buram. 

Selain itu, gambar bisa jadi sulit untuk difokuskan. Jadi kalau beli layar besar tapi keluaran proyektornya tidak bisa mengimbangi, akan mubazir. 

Di sisi lain, jika keluaran proyektor besar tetapi layar terlalu kecil, tampilan mungkin terpotong.

Rasio proyektor

Rasio proyektor juga menentukan ukuran layar proyektor yang sesuai. Dengan menyesuaikan panjang dan lebar layar dengan keluaran proyektor, ukuran yang dicapai bisa ideal.

Secara umum, rasio layar proyektor dan proyektor yang tersedia di pasaran adalah rasio 1:1, rasio 4:3, dan rasio 16:9.

Dengan beberapa faktor diatas, anda dapat menentukan ukuran screen projector yang sebaiknya digunakan. 

Di pasaran, pabrikan juga mengeluarkan berbagai macam screen projector dengan berbagai ukuran.

Biasanya, ukuran proyektor dihitung dalam satuan inci yang dilambangkan dengan simbol kutip dua. Ukuran layar dihitung berdasarkan panjang kali lebar atau tinggi x lebar. 

Namun, jika angka hanya menunjukkan satu angka ukuran, bisa jadi yang dimaksud adalah panjang diagonal layar. 

Layar tertentu juga memiliki sisi bagian yang berbeda untuk tampilan layar dan pembatas atau border.

Ukuran proyektor juga biasanya tergantung model layar proyektor. Untuk model proyektor layar terdapat layar manual yang ditarik menggunakan tangan, layar tripod yang menggunakan penyangga tripod, dan layar bermotor yang menggunakan motor penggerak untuk menaik turunkan layar.

Untuk rasio ukuran 1:1 yang tersedia mulai dari 60” x 60” atau 152.4 cm x 152.4 cm, dibulatkan menjadi 150 cm. ada juga ukuran 70”x70” atau 170 cm, 84”x84” atau 2 meter, dan 96”x96” atau 2.4 Meter.

Untuk selain 1:1, biasanya menggunakan panjang diagonal sebagai pengukur rasio panjang. 

Contohnya, 100” diagonal, artinya memiliki layar besar 1.5 X 2 Meter. sedangkan untuk ukuran 150” diagonal, maksudnya memiliki besar layar 2.2 X 2.9 meter.

Setelah mengetahui faktor faktor untuk menentukan ukuran layar dan layar yang tersedia di pasaran, anda dapat menentukan ukuran screen projector yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sumber : https://blog.dimensidata.com/memilih-ukuran-screen-projector/

Posting Komentar

0 Komentar