Langkah Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Buka Gambar

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi social messenger dengan pertumbuhan pengguna yang sangat tinggi, dalam sebulan pengguna aktif bisa mencapai lebih dari 1,5 miliar dan terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Hal inilah yang menjadi dasar bahwa kebutuhan akan informasi dan komunikasi sangatlah penting, terlebih di era Industri 4.0 yang menginginkan segala sesuatu serba cepat dan instan.





Pengguna smartphone yang terus meningkat dari tahun ke tahun juga menjadi penyebab banyaknya aktivitas pada aplikasi WhatsApp. 

Tidak hanya sekedar chatting, pengguna WhatsApp bisa lebih jauh berkomunikasi satu sama lain, seperti berdiskusi tentang kehidupan sehari-hari, baik itu keluarga, pekerjaan, kuliah, atau mungkin hal-hal penting lainnya, berbagi foto, video, audio, hingga melakukan panggilan telepon dan video.

Kedepannya, WhatsApp dapat menghadirkan fitur-fitur yang tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga membantu kehidupan kita sehari-hari, mungkin terkait dengan transaksi bisnis atau keuangan. 

Berbicara mengenai aplikasi whatsapp, kali ini ada solusi terkait masalah pada aplikasi whatsapp yang tidak bisa mengirim dan menerima gambar

Beberapa pengguna mengeluh bahwa gambar tidak terlihat atau hanya hitam. Apa saja penyebabnya, simak ulasan berikut ini.


Mengapa WhatsApp tidak bisa membuka gambar?


Sebelum kita masuk ke cara mengatasi masalah pada aplikasi WhatsApp, simak dulu penyebab-penyebabnya berikut ini. Salah satunya mungkin terjadi pada aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

Masalah dengan koneksi internet. 

Akses internet yang lemot atau tidak stabil tentu bisa membuat WhatsApp berjalan kurang maksimal. Lakukan pemeriksaan jaringan untuk masalah ini, gunakan mode pesawat untuk memikat sinyal.

Kesalahan dalam pengaturan tanggal dan waktu. 

Setting tanggal dan waktu yang salah atau tidak sesuai dengan waktu saat ini dapat membuat aplikasi whatsapp bermasalah, pengiriman pesan, video, gambar dan melakukan panggilan bisa gagal.

Tidak cukup ruang pada memori internal. 

Karena semua penyimpanan WhatsApp masuk ke memori internal, Anda perlu memastikan bahwa memori internal mencukupi.

Pengaturan kartu SD dalam mode hanya baca.

Jika pengaturan memori internal dan eksternal dalam mode Read-Only (mungkin dalam folder), maka Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan dapat menerima gambar. Harus ada mode Tulis untuk dapat menambahkan gambar baru, bukan hanya melihat atau membaca.

WhatsApp mogok. 

Kemungkinan lain adalah WhatsApp saat ini sedang mengalami masalah server (pemeliharaan). Atau bisa juga aplikasi whatsapp di hp anda bermasalah.

Cara Mengatasi Whatsapp tidak bisa buka gambar sbb :

Pada postingan yg dikutip dari web teknosentris kali ini, kami akan mencoba membagikan beberapa solusi yang bisa Anda coba agar gambar dan video di WhatsApp bisa dibuka kembali.

1. Atur ulang koneksi internet

Daftar Baca Cepat ditampilkan
Salah satu penyebab pesan gambar dan video di WhatsApp tidak bisa dibuka adalah masalah koneksi internet. Terkadang sinyal terlihat bagus (penuh) namun koneksi internet di hp macet tanpa kita sadari, hal ini sering terjadi pada beberapa merk hp.


Koneksi internet yang macet ini akan membuat semua pesan gambar, foto, gif, dan video tidak bisa dibuka. Proses download selalu gagal setiap kali kita mengklik gambar atau video.

Satu-satunya cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah mengatur ulang koneksi internet. Untuk mereset koneksi internet di HP Android, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.


1.1. Menggunakan mode pesawat

Metode:
  • Tarik ke bawah bilah notifikasi
  • Tekan mode pesawat
  • Tunggu hingga mode pesawat aktif dan semua sinyal mati
  • Nonaktifkan mode pesawat
  • Tunggu hingga semua sinyal kembali normal, setelah itu koneksi internet akan restart dan kita akan mendapatkan IP publik yang baru.

2.1. Gunakan kode *#*#4636#*#*

Metode:
  • Buka papan tombol
  • Tekan *#*#4636#*#*
  • Pilih Informasi telepon 1 atau 2 tergantung SIM mana yang digunakan untuk internet
  • Tarik ke bawah hingga menemukan opsi Mobile Radio Power lalu tekan sekali hingga Off
  • Tunggu sebentar hingga sinyal SIM mati
  • Setelah itu nyalakan lagi Mobile Radio Power

2. Mulai ulang ponsel

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa buka foto dan video yang kedua adalah dengan merestart ponsel. Ini adalah cara paling sederhana yang terkadang ampuh banget untuk mengatasi berbagai macam error di HP Android.

Ada kemungkinan program yang bertentangan atau rusak menyebabkan masalah dengan WhatsApp. Dengan merestart ponsel, maka semua program yang ada di ponsel kita akan terload kembali, termasuk WhatsApp. Ini mungkin menyelesaikan masalah.

Coba restart hp dulu, trus coba buka lagi gambar, foto, video atau gif yang ada di pesan WA, apakah bisa?

Jika masih tidak berhasil, coba solusi berikutnya di bawah ini.

3. Cek setelan tanggal dan waktu

Atur tanggal dan waktu Android. Cek setelan tanggal dan waktu pada ponsel.  Anda perlu cek bagian pengaturan tanggal dan waktu, pastikan berada pada opsi otomatis. 

Jika tidak, maka kemungkinan tanggal dan waktu tidak akan sesuai dengan waktu sekarang. Dan efeknya, biasanya beberapa aplikasi tidak bisa digunakan, termasuk aplikasi WhatsApp.

4. Update aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp yang sudah usang (outdate) juga bisa menyebabkan error. Jika versi WA yang terinstall di hp kita sudah tertinggal jauh dari versi terbaru saat ini, mungkin sudah saatnya untuk melakukan update.

Langsung saja buka Playstore dan masuk ke bagian My app & games > cari WhatsApp > tekan Update. Tunggu hingga proses update selesai.

Melakukan update WhatsApp ini tidak akan menghilangkan chat dan media yang ada di akun kita, jadi tenang saja. Setelah update selesai coba lagi jalankan WhatsApp dan buka file foto atau video yang tadi tidak bisa dibuka. Jika penyebabnya memang karena aplikasi yang sudah usang seharusnya cara ini bisa jadi solusi.

5. Kosongkan space memori internal

Secara default WhatsApp akan melakukan download foto atau video yang kita klik ke memori internal. Saat memori internal penuh atau space kosong tidak cukup untuk menampung file media dari WhatsApp maka proses download akan gagal.

Solusinya adalah dengan mengecek dulu apakah memori internal di hp kita masih memiliki space kosong atau tidak. Jika ternyata sudah penuh maka ini adalah sumber masalahnya.

Coba hapus dulu beberapa file yang tidak diperlukan atau pindahkan dulu ke memori eksternal. Bisa juga dengan melakukan pembersihan file-file sampah yang membuat memori internal jadi penuh menggunakan aplikasi cleaner.

Setelah di memori internal ada space yang kosong, coba lagi buka WhatsApp dan klik pada foto atau video yang tadi tidak bisa dibuka. Mudah-mudahan berhasil.

6. Bersihkan cache thumbnail di gallery

Tips selanjutnya untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa download atau membuka foto dan video adalah dengan membersihkan file cache thumbnail yang ada di galery.

File cache ini akan selalu di-generate secara otomatis oleh sistem android untuk mempercepat proses membuka foto. 

Jika sudah terlalu lama tidak dibersihkan maka bisa saja ada beberapa di antaranya yang korup dan menyebabkan galery tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Hal ini mungkin bisa menyebabkan foto dan video di WhatsApp tidak bisa didownload.

Solusinya adalah dengan membersihkannya menggunakan aplikasi cleaner. Kita bisa menggunakan aplikasi cleaner pihak ketiga yang ada di Playstore atau menggunakan cleaner bawaan dari hp. Biasanya menu cleaner ini ada di Settings > Security > Storage > Clean.

Setelah cache dibersihkan coba lagi buka foto dan video di WhatsApp, semoga berhasil yaa...

Nah demikian beberapa langkah Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Buka Gambar.
Semoga bermanfaat...



Kunjungi web sumber utk info2 menarik lainnya di :
Sumber 1 :  https://teknosentrik.com/whatsapp-tidak-bisa-membuka-gambar-video/
Sumber 2 : https://dianisa.com/mengatasi-whatsapp-tidak-bisa-menerima-mengirim-gambar/

Posting Komentar

0 Komentar