Resep Alami Obati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kondisi terbentuknya bahan keras dari mineral di dalam darah yang kemudian menumpuk di ginjal. Seiring waktu, material keras ini akan mengeras dan menjadi seperti batu dan terus membesar. Batu ginjal terbentuk dari endapan mineral yang disebabkan oleh berbagai faktor. 



Daftar Isi :



Tanda-tanda orang akan mengalami batu ginjal.

  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri di perut bagian bawah atau samping, pinggang dan selangkangan.
  • Terkadang mual muncul.
  • Keluaran urin sedikit atau tidak ada.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Masalah batu ginjal kemungkinan besar terjadi ketika urine yang terbentuk mengandung zat yang membuat kristal sehingga akan menimbulkan masalah tersendiri saat buang air kecil.

Secara umum, beberapa penyebab batu ginjal antara lain sebagai berikut:

  • Kondisi yang mengkonsumsi sedikit air.
  • Konsumsi makanan yang kaya protein, kelebihan gula dan garam.
  • Memiliki riwayat keluarga adalah pemicu lain batu ginjal.
  • Masalah pencernaan atau pasca operasi pada sistem pencernaan.
  • Terjadinya obesitas pada seseorang.
  • Jumlah urine yang keluar sedikit atau tidak ada debit.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, batu ginjal sangat sulit dideteksi. Namun, seiring berjalannya waktu, penderita akan merasakan batu ginjal ini ketika ukurannya membesar.


Bahaya Batu Ginjal

  1. Pengobatan batu ginjal sendiri, terutama batu ginjal berukuran besar, memiliki risiko menimbulkan komplikasi, antara lain:
  2. Cedera pada ureter.
  3. Pendarahan di dalam tubuh.
  4. Infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh melalui darah atau bakteremia.
  5. Pembengkakan ginjal atau hidronefrosis.

Mengapa masalah batu ginjal harus segera ditangani? (Karena batu ginjal bisa memicu kondisi yang lebih parah seperti gagal ginjal)

BERHENTI !!! Jangan terburu-buru melakukan operasi.

Kamu harus tahu !!!

Batu Ginjal Kebanyakan orang terlalu terburu-buru untuk menjalani operasi untuk mengobati batu ginjal. 

Walaupun sebenarnya tidak perlu. Tidak hanya mahal, cara pengoperasiannya terkadang tidak sepenuhnya berhasil. 

Terkadang perlu untuk beroperasi lagi. Efek sampingnya pun tidak kalah berisiko. 

Efek samping operasi dapat berupa perdarahan pada alat kelamin, infeksi saluran kemih, kerusakan ginjal itu sendiri dan risiko kerusakan organ lain.


Bahan Alami yang Bisa Membantu Menghancurkan Batu Ginjal

Mengutip dari laman web : hellosehat.com, Ada banyak jenis pengobatan batu ginjal yang dapat dilakukan, diantaranya beberapa obat batu ginjal alami yang dapat membantu menghancurkan endapan tersebut.

Sebelum mencoba pengobatan rumahan untuk batu ginjal, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan, terutama bagi pasien yang memiliki penyakit lain atau sudah rutin minum obat.

Walaupun pengobatan alami tersebut dapat meringankan gejala batu ginjal yang Anda alami, namun saran dan pengobatan yang telah diresepkan oleh dokter Anda adalah yang utama. 

Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi batu ginjal.

Sebelum mencoba pengobatan rumahan untuk batu ginjal, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan, terutama bagi pasien yang memiliki penyakit lain atau sudah rutin minum obat.

Walaupun pengobatan alami tersebut dapat meringankan gejala batu ginjal yang Anda alami, namun saran dan pengobatan yang telah diresepkan oleh dokter Anda adalah yang utama. Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi batu ginjal.


1. Obat batu ginjal alami : Banyak Minum Air Putih

Air minum adalah obat batu ginjal alami yang paling direkomendasikan. Banyak minum air putih dapat membantu ginjal bekerja lebih lancar untuk memecah kelebihan mineral penyebab batu ginjal.

Meski begitu, minum air putih tidak akan secara otomatis menghancurkan atau menghilangkan batu ginjal yang sudah terbentuk. Asupan air saja hanya mempercepat proses tubuh mengeluarkan batu yang tertahan di ginjal melalui ureter.

Ini karena cairan yang masuk membantu menghasilkan urin. Oleh karena itu, minum air putih dapat membantu mendorong batu ginjal keluar dari tubuh lebih cepat.

Cara ini cukup efektif untuk menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil. Namun, minum air putih perlu dibarengi dengan minum obat batu ginjal yang diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, batu ginjal bisa dihancurkan dalam 2-3 minggu.


2. Obat batu ginjal alami : Air lemon

Selain air minum, ternyata ada cairan tambahan yang bisa Anda konsumsi sebagai obat batu ginjal alami yaitu air lemon. Anda bisa membuat air minum dengan menambahkan lemon segar di dalamnya.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kandungan sitrat dalam lemon membantu menghambat pembentukan batu ginjal. Sitrat juga dapat membantu memecah batu ginjal kecil sehingga lebih mudah melewati ginjal ke uretra.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa meminum 120 mililiter jus lemon yang dilarutkan dalam air setiap hari dapat meningkatkan sitrat urin. Oleh karena itu, air lemon dikatakan dapat membantu mengendalikan gejala penyakit ginjal.


3. Obat batu ginjal alami : Cuka apel

Anda mungkin pernah mendengar seseorang merekomendasikan cuka sari apel sebagai penghancur batu ginjal. Itu tidak salah karena cuka sari apel mengandung asam asetat yang dipercaya dapat memecah dan melarutkan batu ginjal kecil.

Selain itu, sari apel yang difermentasi ini juga dikatakan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat batu ginjal. Berbagai manfaat cuka sari apel untuk batu ginjal dibuktikan dengan penelitian dari BJU International.

Studi tersebut menunjukkan bahwa cuka yang difermentasi, seperti cuka sari apel, memiliki efek positif dalam mencegah pembentukan batu. Penggunaan cuka yang difermentasi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

Namun, penggunaan cuka sari apel pada penderita batu ginjal masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi cuka sari apel bisa menyebabkan tubuh kehilangan potasium.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan obat batu ginjal alami ini dengan menambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 250 ml air. Penderita diabetes mungkin perlu memantau kadar gula darahnya dengan hati-hati saat mengonsumsi ramuan ini.


4. Obat batu ginjal alami : Jus seledri

Jus seledri kini menjadi perbincangan populer karena disebut-sebut sebagai obat alami untuk membantu memecah batu ginjal. Sama seperti sayuran lainnya, seledri mengandung potasium, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya.

Kandungan antioksidan dalam jus seledri dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi urine sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal baru.


5. Obat batu ginjal alami : Jus delima

Selama berabad-abad, orang telah menggunakan jus delima untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Faktanya, jus yang sedikit asam ini membantu membersihkan batu dan racun lain dari tubuh.

Kandungan antioksidan pada buah delima membantu menjaga kesehatan ginjal dan dapat berperan dalam mencegah terjadinya batu ginjal. Konsumsi jus buah delima juga membantu mengurangi keasaman urin, yang dapat mengurangi risiko batu ginjal di kemudian hari.

Namun, efek jus buah delima pada batu ginjal mungkin masih perlu dipelajari. Pasalnya, penelitian hanya menunjukkan manfaat extrak delima terhadap penurunan risiko pembentukan batu.


Cara lain yang membantu mengatasi batu ginjal

pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal kronis

Sejumlah obat alami untuk mengatasi batu ginjal di atas sebenarnya hanya sebagai pendukung untuk mempercepat proses pemulihan.

Pasien dengan batu ginjal berukuran sedang hingga besar masih membutuhkan obat penghancur batu ginjal yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, masih ada kemungkinan Anda perlu menjalani operasi.

Oleh karena itu, demi mendukung tubuh agar tetap sehat ketika menjalani proses perawatan batu ginjal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di bawah ini.


1. Hindari minuman berkafein dan bersoda

Pendukung obat untuk mengatasi batu ginjal yaitu dengan menghindari minuman berkafein dan bersoda. Misalnya, konsumsi kafein dapat meningkatkan risiko batu ginjal, terutama pada penderitanya.

Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam urine yang dapat membentuk batu kalsium, yaitu jenis batu penyebab batu ginjal. Sementara itu, minuman bersoda yang mengandung pemanis buatan juga menyebabkan pembentukan batu ginjal.


2. Hindari makanan tinggi oksalat

Makanan tinggi oksalat seperti bayam, almond, dan bit sangat berisiko terhadap pembentukan batu ginjal. Pasalnya, jenis makanan ini dapat meningkatkan kadar oksalat dalam tubuh yang nantinya akan menciptakan batu kalsium.


3. Batasi makanan tinggi protein hewani

Protein merupakan sumber energi, tetapi hal ini tidak berlaku bagi pasien batu ginjal. Demi mempercepat proses pemulihan saat sedang mengonumsi obat penghancur batu ginjal, pasien dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan protein hewani.

Makanan seperti daging, telur, dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, Anda mungkin perlu menguranginya dan mengganti protein hewani dengan protein nabati.


Pengalaman netizen mengobati batu ginjal dengan resep obat alami

Tuhan Maha Adil 

🤔Orang kaya, mengatasi batu ginjal  sampai harus ke Amerika. 

😉Orang miskin, cukup dengan minum "Air Kelapa Hijau".

 Tokcer. Segar, lezat dan ampuh. 

Batu ginjal luruh berkeping-keping seperti gamping disiram air. 

Lalu keluar deras bersama air kencing.

Ini pengalaman saya dan entah berapa banyak yang sudah membuktikan. 

Sebetulnya sebagian tulisan ini adalah komentar saya atas tulisan pak Dahlan yang dishare hari ini.

 Gara-gara ini ada beberapa teman yang inbox minta resepnya.


Baiklah. Sebelumnya ijinkan saya berkisah dulu. 

Pada tahun 2001, 

sore Maghrib itu, 

saya mengalami sakit yang luar biasa saat buang air kecil.

 Mampet. Panas dingin menahan sakitnya. 

Air kencing sampai berdarah.


Ternyata itu yang disebut batu ginjal. 


Sebelumnya saya hanya melihat kakak saya sampai menangis menderita hal yang sama.

 Setelah mencoba berbagai obat dan tidak mempan, kakak saya itu akhirnya mendapat resep jitu.

 Resep para leluhur.


Dengan resep tersebut, saya sembuh. 

Tidak pakai lama. Minum habis Maghrib, di pagi subuh saat buar air kecil mak byooor. 

Amazing tenan.


Beberapa tahun berikutnya, saat mudik lebaran, ada kerabat yang bercerita kalau mau operasi batu ginjal. 

Rasa sakit dia rasakan makin sakit saja. 

Itu karena ditambah dengan memikirkan biaya operasinya.


Saya katakan:

 "Tenang. Nggak usah cemas". 

Lalu saya berikan resep ampuh pemusnah batu kristal itu.


Lebaran tahun berikutnya, ia bercerita dengan penuh suka cita.

 Resep yang saya berikan itu telah membebaskan dia dari meja operasi. Kisah itu pun viral di desa sana.


Begitulah. 

Setiap ada yang menderita batu ginjal, saya berikan resep ini. Entah sudah berapa banyak orang. 

Dan sejauh ini belum ada yang gagal.


👉🏼Nah...Ini dia...

Resep mujarab penghancur batu ginjal:


Silahkan petik, manjat pohonnya atau 

Beli kelapa hijau di pasar. 

Biar tidak repot mintalah penjual sekalian memangkas bagian sabutnya sebanyak mungkin (sabut tinggal sedikit di batok/tempurungnya)  agar nanti mudah memasaknya.


Oh iya.... 

Anda harus paham. 

Yang namanya kelapa hijau asli, 

sabutnya justru berwarna merah.


Caranya :

Masaklah air di panci hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompor.

 Kemudian masukkan kelapa hijau itu utuh ke dalam panci berisi air mendidih itu. 

Lalu tutup. 

Diamkan selama 10 menit. 


Selama 10 menit itu, silahkan dibolak-balik posisinya agar merata. 

Setelah itu, 

angkat kelapa hijau dari panci. 

Segera lubangi ujung atas kelapa itu dan tuangkan airnya ke dalam gelas.


Sekarang minum airnya. 

Rasanya sungguh lezat dan segar. Setelah itu, silahkan tidur. 


Saat terbangun di pagi subuh, 

Anda akan terasa ingin buang air. 

Kini warna air kencing itu bukan coklat atau kuning lagi. 


Tetapi berwarna serperti air susu. 

Itu adalah batu ginjal yang sudah hancur.


Lakukan hal itu maksimal tiga kali saja. 

Pengalaman saya, dengan dua kali minum, batu itu sudah hilang.


Kesimpulan.

Penyakit batu ginjal bisa diobati dengan obat alami yg ada disekitar kita. 

Jangan panik dan terburu-buru, Cari info ke tetangga, kerabat atau info-info dari manapun utk upaya menyembuhkan  penyakit ini.

Semoga Bermanfaat.!!!!


Posting Komentar

0 Komentar