15 Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang Youtube untuk Pemula

Tips Cara Youtuber Mendapatkan 4000 Jam Views Video YouTube Dengan Cepat

Menurut peraturan Program Mitra YouTube (YPP) terbaru (2023), untuk memperoleh penghasilan, Anda harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu menonton dan memiliki 1.000 pelanggan dalam 12 bulan terakhir. 

Kebijakan monetisasi terbaru ini yaitu sebuah channel hanya bisa menghasilkan uang jika memiliki 1000 subscriber dan total jam tayang di channel itu sendiri adalah 4000 jam, bukan hanya view visit.


Jadi bagaimana Anda mendapatkan 4.000 jam waktu tonton? 

Untuk melihat jam tayang ini sendiri bisa dilakukan dengan cara masuk ke fitur analytic yang ada di akun Youtubemu. 

Lalu pilih yang bagian ringkasan dan kamu akan melihat jumlah penayangan, jam tayang, dan jumlah penambahan subscriber.

YPP sebelumnya hanya mewajibkan saluran untuk mengumpulkan 10.000 penayangan sebelum dapat menayangkan iklan untuk menghasilkan pendapatan. 

Namun, YouTube mengubah aturannya karena dirasa aturan lama tidak efektif menyaring spammer atau peniru konten.

Dengan aturan dan regulasi baru tersebut, tentunya para youtuber pemula harus memutar otak untuk mengumpulkan subscriber sebanyak-banyaknya dan menghasilkan video dengan view yang cukup banyak.

Sebagai konten kreator di platform tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan entah itu dari jumlah subscriber ataupun tayangan Youtube yang sudah kamu unggah.

Cara Cepat Mendapat 4000 Jam Tonton

Sebenarnya tidak mudah ya untuk mendapatkan 4000 jam tayang di Youtube ini apalagi jika kita adalah seorang konten kreator pemula. Namun, 4000 jam tayang ini kan bukan dikumpulkan hanya dalam satu bulan saja.

Melainkan akumulasi video youtube di channel Anda yang telah ditonton selama satu tahun atau 12 bulan. Jadi, 4000 jam tayang ini adalah total dari semua jam tayang masing-masing ideo yang telah kamu unggah.

Walaupun Anda adalah seorang pemula bukan berarti mendapat 4000 jam tayang bukanlah hal yang mustahil. Anda harus menyusun strategi dan tau apa yang harus dilakukan dan dihindari pada saat membuat serta mengunggah konten Youtube.

Berikut tips mendapatkan 4000 jam tayang di Youtube selama 12 bulan.:

1. Daftarkan saluran Anda agar dapat dimonetisasi

Bagi Anda yang belum mendaftarkan salurannya ke Google Adsense, silakan daftar terlebih dahulu dengan mengakses dasbor dan memilih opsi fitur lainnya, lalu monetisasi.

Dari sini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar saluran berhasil didaftarkan.

Perjanjian dengan program Mitra Youtube

Setelah Anda menekan opsi monetisasi, Anda akan diberikan berbagai perjanjian yang berisi aturan yang berlaku. Jika Anda setuju, Anda dapat mencentang setiap kotak yang tersedia dan klik "I Accept".

2. Hubungkan akun Youtube Anda dengan Adsense

Selanjutnya, Anda dapat menghubungkan akun Youtube Anda dengan Adsense. Jika Anda masih belum memiliki akun Adsense, bagian ini akan memberi Anda kesempatan untuk membuat akun Adsense khusus untuk Youtube.

3. Tetapkan opsi monetisasi

Setelah tersambung, Anda dapat menyetel opsi monetisasi dengan mengeklik "Mulai" di "Setel preferensi Monetisasi". Ada empat jenis iklan yang dapat dipilih, yaitu iklan bergambar, iklan overlay, kartu bersponsor, dan iklan yang dapat diabaikan.

4. Fokus membahas satu topik saja

Saat membuat konten untuk video, sebaiknya fokus pada satu topik saja terlebih dahulu karena hal ini akan memudahkan audiens Anda untuk lebih fokus berlangganan saluran Anda sehingga mereka akan terus datang kembali untuk mendapatkan konten video terbaru.

Berbeda halnya dengan channel yang membahas berbagai topik. Misalnya, channel yang pertama kali membahas cara memasak makanan Indonesia, kemudian membahas cara memasak makanan luar negeri biasanya akan kesulitan meningkatkan views karena penonton bingung dengan fokus channel tersebut.

5. Tingkatkan Kualitas Video

Cara ini menjadi kunci utama bagi para youtuber pemula jika ingin sukses di bidang youtuber ini.

Hal ini karena para pengguna Youtube tentunya mencari tontonan berkualitas yang juga menarik untuk ditonton.

Jika kualitas video Anda rendah, itu tidak akan menarik perhatian. 

Jadi, buatlah konten yang menarik dan unik agar orang tertarik untuk menontonnya. 

Cara sederhana membuat video berkualitas adalah dengan mengatur tone warna video, memilih musik, dan konten apa yang akan muncul.

6. Upload video secara konsisten

Pastikan Anda memiliki komitmen yang tinggi saat memutuskan berkarier sebagai YouTuber karena Anda dituntut untuk mengupload video secara konsisten agar penonton Anda dapat terus menonton video baru dan menganggap channel Anda aktif.

Jadi, saat jumlah viewer dan subscriber masih sedikit, jangan pernah malas untuk mengupload video secara rutin dan konsisten.

Pastikan juga setiap video yang anda upload tidak melanggar hak cipta dan aturan yang telah ditetapkan Youtube karena jika tanpa sadar anda melanggar aturan maka Youtube akan melarang channel anda.

Jadi, membuat konten original, meski sulit dilakukan, bisa mengundang lebih banyak penonton dan menambah waktu tayang. Jika misalnya Anda merasa ada kesalahpahaman, Anda dapat meninjau kembali saluran Anda sehingga Youtube dapat membukanya kembali.

7. Buat judul yang menarik

Salah satu hal utama yang akan menentukan video Anda ditonton atau tidak adalah minat terhadap judul. 

Ini karena judul adalah hal pertama yang dilihat pemirsa sehingga merupakan satu-satunya kesempatan untuk menarik perhatian mereka.

Untuk membuat judul yang menarik usahakan gunakan 5 sampai 10 kata yang langsung mengarah ke konten yang sedang dibahas agar lebih menarik dan mudah terindex Youtube.

Hindari penggunaan judul clickbait karena ini akan mengundang dislike yang tentunya berdampak negatif pada sistem ranking Anda.

Jangan lupa, saat membuat judul untuk YouTube Anda, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang menarik dan mudah dicari. Anda dapat mencari kata kunci apa yang sedang terjadi.

8. Beri label

Untuk menarik lebih banyak penonton, Anda dapat menggunakan tag di bawah deskripsi video. Pastikan tag yang digunakan sesuai dengan topik yang dibahas judul video minimal 5 tag.

Misalnya jika video berjudul “Tips Cara Youtuber Mendapat 4000 Views Dengan Cepat”, maka anda harus mengisi tag dengan 4000 jam tayang, tips mendapatkan 4000 jam tayang, atau tips mendapatkan 1000 subscriber.

9. Buat deskripsi yang sesuai

Membuat deskripsi video YouTube juga penting dalam meningkatkan jumlah subscriber dan view karena penonton bisa melihat apa yang bisa mereka dapatkan dengan menonton video Anda.

Untuk membuat deskripsi yang baik, gunakan kata kunci yang dapat mewakili judul yang telah Anda buat. 

Susunlah kata-kata tersebut sehingga menjadi kalimat yang mengalir sehingga Youtube sendiri juga akan lebih mudah untuk mengetahui apa tujuan dari video Anda.

10. Buat Thumbnail kustom semenarik mungkin

Untuk mendukung kekuatan judul video dimenarik perhatian audiens, anda harus menggunakan custom thumbnail.

Bagi anda yang belum tahu apa itu thumbnail, thumbnail adalah gambar yang bertujuan untuk memberikan gambaran konten yang dibahasa oleh judul video.

Pastikan thumbnail yang digunakan terlihat menarik sehingga ketika pengunjung mencari suatu video topik, mereka akan melihat thumbnail video anda dan mengkliknya.

Selain itu, hindari penggunaan thumbnail yang tidak relevan karena thumbnail yang tidak memiliki hubungan dengan konten yang dibahas akan mengundang ketidaksukaan dalam jumlah besar. Hal ini sering disebut sebagai click bait.

Bisa dibilang thumbnail video sangat erat kaitannya dengan keinginan orang untuk menonton video tersebut atau tidak. 

Usahakan agar thumbnail tersebut mampu membuat orang penasaran dan memutuskan untuk melihat video tersebut. 

Anda juga memasukkan kata-kata persuasif yang menarik orang dan berhubungan dengan kata kunci yang dicari pengguna.

11. Gunakan kata kunci yang panjang (long tail keyword)

Dibandingkan jenis keyword lainnya, long tail keyword dapat membawakan lebih banyak jumlah viewer dan durasi jam tontonan.

Untuk mengoptimalkan long tail keyword yang akan digunakan, anda bisa menggunakan fitur pencarian Youtube sehingga anda bisa mendapatkan saran keyword terbaik. 

Ketika dua atau satu kata kunci, dan anda sudah bisa saran long tail keyword yang bisa digunakan.

Saat membuat judul video, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang mudah dicari dan menarik. 

Caranya, gunakan keyword tools atau cari di Google trend untuk mengetahui topik apa yang sedang terjadi. 

Hindari kata kunci yang rumit karena ini akan mempersulit video Anda muncul di bagian atas pencarian.

12. Membuat playlist

Membuat playlist video sejenis bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk membuat audiens menonton semua video yang pernah anda upload.

Ketika membuat playlist, sebaiknya Anda membuatnya terlihat lebih spesifik agar audiens bisa lebih penasaran untuk melihat jenis konten Anda. 

Contohnya jika anda membuat channel yang isinya mereview gadget, anda bisa membuat playlist yang berkategori seperti playlist untuk unboxing hp Samsung, unboxing laptop Apple, dan sejenisnya.

Usahakan untuk memastikan video yang ingin Anda rekomendasikan masih relevan dengan video yang akan diunggah. 

Video yang direkomendasikan ini adalah video yang Anda unggah, bukan video orang lain.

Selain itu, aktifkan fitur related channel agar channel atau video youtube kamu muncul di tempat lain jika kontennya terkait dengan yang kamu buat.

13. Tambahkan kartu fitur

Menambahkan fitur card bisa menjadi cara alternatif lainnya untuk membuat audiens menonton video anda lainnya. 

Bagi anda yang belum tahu, fitur card adalah rekomendasi video yang biasanya muncul di bagian akhir video yang sedang ditonton.

Anda bisa memberikan rekomendasi video yang serupa ketika salah satu video anda sedang ditonton atau anda bisa menambahkan playlist. 

Agar fitur card tersebut dapat diklik, posisikan pandangan anda sebagai penonton agar dapat mengatur posisinya lebih optimal lagi.

14. Penonton Asli Dari Search Engine

Jangan pernah sekali-sekali kamu membeli penonton ataupun melakukan hal instan lainnya. Karena pihak Youtube itu juga tau mana penonton asli dan mana yang buatan.

Penonton yang diakui jam tayangnya adalah apabila mereka mencari video tersebut melalui search engine. 

Misalnya kamu mencari sebuah informasi di Google Chrome atau aplikasi Youtubenya langsung.

Nah, ini akan masuk ke dalam perhitungan sistem dan berpotensi untuk meningkatkan jam tayang video Youtubemu.

15. Tonton Youtube Dengan Email Yang Berbeda

Anda sebagai pembuat video di channel YouTube Anda sebenarnya bisa menambah waktu tonton video Anda sendiri. 

Yang harus Anda lakukan adalah menonton YouTube menggunakan email dan perangkat yang berbeda.

Jangan menonton video YouTube Anda sendiri menggunakan email yang sama karena itu tidak akan menambah waktu tonton Anda dan malah berdampak buruk pada akun YouTube Anda. 

Atau Anda dapat mempromosikan video YouTube Anda dengan membagikannya melalui media sosial.

Berapa Lama Youtube Dapat Mendapat 4000 Jam Tampilan Youtube?

Banyak orang penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan 4.000 jam penayangan YouTube dalam 12 bulan tersebut. 4000 jam tonton sama dengan 240.000 menit penayangan video.

Jika video yang Anda unggah berdurasi kurang dari 10 menit, dibutuhkan banyak orang yang menonton video Anda untuk mencapai 4000 jam tonton. Namun, Anda tidak perlu khawatir, apalagi jika Anda aktif mengunggah video YouTube.

Jika Anda aktif membuat konten di YouTube dengan durasi 10 menit atau lebih, maka mendapatkan 4000 jam tayang tidaklah sulit. Jika Anda sudah mendapatkan 4000 jam tayang, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.


Manfaat Mendapatkan 4000 Jam Dilihat di Youtube.

Mengapa banyak Youtuber mencari informasi tentang 4.000 jam menonton YouTube? Tidak mungkin mereka mengejar target mencapai 400 jam tayang tanpa untung?

Nah, 4000 jam tayang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar program monetisasi YouTube. Mereka yang ingin mendaftarkan akun YouTube mereka untuk monetisasi harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

Termasuk akun YouTube-nya, dia telah menonton 4.000 jam dalam 12 bulan. atau satu tahun penuh. Ketika Anda berhasil mendaftar untuk monetisasi YouTube, Anda dapat memperoleh penghasilan dari setiap video yang Anda unggah.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pengguna yang mengincar dan mencari cara agar 4000 jam menonton YouTube selama 12 bulan dapat diterima oleh program tersebut.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang cara mendapatkan 4000 Jam Views Video YouTube agar channel video Anda bisa dimonetisasi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips membuat konten YouTube lainnya, Anda dapat mengunjungi web sumber artikel ini , yaitu : 

https://www.qubisa.com/article/jadi-youtuber-gampang-cuma-modal-smartphone

https://rajakomen.com

https://rumahkeadilan.co.id/dapat-4000-jam-tayang-youtube/

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar